0812-9082-8403(WA) teh daun torbangun,torbangun for lactation,wake wake torbangun herbs






0812-9082-8403(WA) Torbangun Breastfeeding Tuvalu,Torbangun Breastfeeding Uganda,Torbangun Breastfeeding Ukraina,Torbangun Breastfeeding Uni Emirat Arab,Torbangun Breastfeeding Uruguay,Torbangun Breastfeeding Uzbekistan,Torbangun Breastfeeding Vanuatu,Torbangun Breastfeeding Venezuela,Torbangun Breastfeeding Vietnam,Torbangun Breastfeeding Yaman,Torbangun Breastfeeding Yordania,Torbangun Breastfeeding Yunani,Torbangun Breastfeeding Zambia,Torbangun Breastfeeding Zimbabwe,Jual Torbangun Daerah Banten,Jual Torbangun Daerah Bengkulu,Jual Torbangun Daerah Gorontalo,Jual Torbangun Daerah Jakarta,Jual Torbangun Daerah Jambi,Jual Torbangun Daerah Jawa Barat,Jual Torbangun Daerah Jawa Tengah,Jual Torbangun Daerah Jawa Timur,Jual Torbangun Daerah Kalimantan Barat,Jual Torbangun Daerah Kalimantan Selatan,Jual Torbangun Daerah Kalimantan Tengah,Jual Torbangun Daerah Kalimantan Timur,Jual Torbangun Daerah Kalimantan Utara

Begini Penjelasan Ilmiah Daun Torbangun Pacu Produksi ASI Melimpah

BAGI masyarakat Batak, nama daun torbangun atau bangun-bangun bukanlah hal yang asing. Nama tumbuhan ini akrab di telinga kaum perempuan bahkan pria Batak karena khasiatnya.
Tumbuhan dengan nama ilmiah Coleus amboinicuslour ini banyak digunakan masyarakat Batak sebagai makanan tambahan bagi ibu menyusui. Tanaman ini dipercaya mampu meningkatkan air susu ibu (ASI) sekaligus memperkuat fisik ibu yang baru melahirkan.
Selama bertahun-tahun dan turun temurun, daun ini dikonsumsi oleh masyarakat Batak tanpa ada kajian ilmiah yang mendampinginya. Sementara itu, masyarakat umum lainnya hanya percaya pada daun katuk serta obat-obatan lain dari luar negeri untuk meningkatkan produksi ASI.
Namun, di tahun 2001, dunia mulai terperenyak karena hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor. Riset membuktikan bahwa kandungan laktogogum pada daun torbangun jauh lebih baik dibandingkan dengan obat produksi luar negeri yang banyak bereda.
Adalah M Rizal Martua Damanik, Guru  Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB yang sempat dicecar dunia saat itu.
Menurut Rizal, penelitiannya soal torbangun dilatarbelakangi oleh keprihatinannya pada banyaknya kasus malnutrisi pada ibu hamil di Indonesia.
”Sebagai orang keturunan Batak, saya juga tertantang untuk membuktikan khasiat torbangun ini. Sebab, selama ini masyarakat Batak hanya mengonsumsinya berdasarkan kepercayaan turun-temurun. Kalau torbangun mampu meningkatkan ASI. Namun, secara ilmiah saat itu belum ada buktinya,” ungkap Rizal.

Torbangun untuk membersihkan rahim setelah melahirkan

Selain untuk meningkatkan produksi ASI, daun torbangun yang dimasak bening  juga dipercaya mampu membersihkan rahim. Di alam sendiri, terdapat sekitar 200 spesies tanaman coleus. Tanaman ini termasuk jenis tanaman perdu (semak belukar).
Pada masyarakat Sunda, kata Rizal, daun ini disebut ajeran, di Jawa Tengah di sebut daun kucing, dan di masyarakat Melayu disebut dukan.
Daun torbangun berbentuk mirip daun babadotan (di kalangan Sunda) dengan bulu-bulu tipis di atas permukaan daun. Daunnya juga beraroma wangi khas seperti halnya daun kemangi yang mengeluarkan wangi khas. Rasa aslinya agak langu dan sedikit pedas mirip daun mint.
"Tidak hanya ada di Batak, torbangun juga hampir ada di seluruh wilayah Indonesia dan beberapa negara di kawasan tropis baik di Asia, Australia, Afrika, maupun Amerika. Hanya saja, pemanfaatannya berbeda-beda. Hanya orang Batak yang mengonsumsinya untuk peningkatan produksi ASI,” ucap Rizal.
Di beberapa negara maju seperti di Eropa, tanaman ini malah dimanfaatkan untuk tanaman hias. Sementara itu, di beberapa negara Asia dan Afrika, tanaman coleus banyak dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan dan pengobatan, antara lain untuk mengobati penyakit asma, batuk, sariawan, tonikum, maupun untuk mengobati racun akibat gigitan ular.





Bersifat laktagogum

Dalam penelitian yang dilakukan Rizal, ternyata daun torbangun bersifat sebagai laktagogum.  Sayur torbangun yang mulai dikonsumsi sekitar 150 gram per hari sejak hari pertama melahirkan dan berlangsung selama 30 hari ini terbukti mampu meningkatkan produksi ASI hingga 65% dibandingkan dengan obat-obatan dan herbal serupa lainnya. Di tahun 2011, penelitian ini pun dilirik oleh dunia hingga masuk dalam jurnal internasional.
”Penelitian tentang torbangun ini merupakan penelitian pertama yang dilakukan komprehensif. Baik secara etnobotani dan ilmiah lainnya,” ujar Rizal.

Meriset langsung ke warga Batak

Selain mengonfirmasi kepada para tetua di Suku Batak tentang khasiat daun torbangun, Rizal juga melakukan percobaan pada sekitar 100 wanita menyusui di Batak. Responden dibagi dalam tiga kelompok.
Kelompok pertama, perempuan yang menyusui menggunakan laktagogum resep dokter, kelompok kedua mengonsumsi torbangun, sedangkan kelompok ketiga, mengonsumsi laktagogum fenugreek yang biasa digunakan di Eropa dan Amerika.
Ketiga kelompok itu mengonsumsi laktagogum tiga kali sehari selama 30 hari. Hasilnya, laktagogum dari torbangun membuat volume ASI ibu kelompok dua lebih tinggi dari kelompok lain.
Sebagai gambaran, pada hari ke-28, volume ASI kelompok pertama 9,7 mililiter (ml), kelompok kedua 65,2 ml, dan kelompok ketiga 20,3 ml. Pada hari ke-42 maupun hari ke-56, jumlah ASI kelompok kedua tetap paling unggul.
Komposisi asam lemak dan kandungan gizi mikro pada laktagogum  dari torbangun pun lebih tinggi dibandingkan dengan laktagogum lain. ASI ibu yang mengonsumsi torbangun kandungan kalsiumnya 1.233 miligram (mg), fosfor 1.049 mg, dan magnesium 505 mg.
Sementara yang mengonsumsi fenugreek, kalsium ASI-nya 566 mg, fosfor 1.040 mg, dan magnesium 330 mg. ASI ibu yang mengonsumsi laktogogum resep dokter, kalsiumnya 534 mg, fosfor 1.033 mg, dan magnesium 325 mg.

0812-9082-8403(WA) Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Kepulauan Riau,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Lampung,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Maluku,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Maluku Utara,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Bali,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Nusa Tenggara Barat,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Nusa Tenggara Timur,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Papua,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Papua Barat,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Riau,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sulawesi Barat,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sulawesi Selatan,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sulawesi Tengah,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sulawesi Tenggara,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sulawesi Utara,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sumatra Barat,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sumatra Selatan,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Sumatra Utara,Jual Daun Torbangun Bangun Daerah Yogyakarta,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Aceh,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Banten,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Bengkulu,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Gorontalo,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Jakarta,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Jambi,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Jawa Barat,Pabrik Daun Torbangun Bangun Daerah Jawa Tengah.
Torbangun juga mengandung minyak atsiri antara lain fenol, karvakrol, flavonoid, dan glikosida. Kandungan gizi dan senyawa fungsional lain dari tanaman torbangun bermanfaat untuk mengurangi nyeri (analgesic), pembersih saluran reproduksi post-partum (uterine cleansing agent), maupun penambah tenaga (tonikum) serta mencegah anemia pada ibu yang baru melahirkan. Torbangun, menurut Rizal, juga memiliki fungsi menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
“Selain itu, bayi yang disusuinya juga jarang sakit. Bahkan, khasiat daun torbangun masih terasa hingga 2 bulan kemudian dengan produksi ASI yang tetap tinggi. Khasiat torbangun juga sudah dicoba ke sejumlah hewan seperti kambing dan tikus. Hasilnya sama, terbukti meningkatkan kelenjar susu yang ada pada hewan tersebut,” ucap Rizal.

Daun Torbangun Ternyata Menyimpan 5 Manfaat Baik untuk Ibu Menyusui

Daun torbangun atau yang biasa disebut dengan jintan, mungkin tidak asing lagi untuk ibu yang tinggal di daerah Sumatera. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, daun torbangun juga berguna untuk menstimulasi produksi ASI. Bagi yang belum tahu, yuk, simak 5 manfaat baik daun torbangun untuk ibu menyusui.

1. Daun torbangun bermanfaat untuk meningkatkan air susu ibu
Tumbuhan dengan nama ilmiah coleus amboinicus lour ini banyak digunakan masyarakat Batak sebagai makanan tambahan bagi ibu menyusui. Tanaman ini dipercaya mampu meningkatkan air susu ibu (ASI) sekaligus memperkuat fisik ibu yang baru melahirkan.
Selain untuk meningkatkan produksi ASI, daun torbangun yang dimasak tanpa tambahan bumbu lainnya juga dipercaya mampu membersihkan rahim pasca melahirkan. Daun ini tidak disarankan untuk dikonsumsi pada masa saat kehamilan, karena akan memicu keguguran.

2. Daun torbangun mampu menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui
Daun torbangun mengandung laktagogum yang berfungsi untuk menstimulir produksi kelenjar air susu pada ibu menyusui. Daun ini juga menyimpan zat gizi sebagai sumber utama energi dan kalori yang dibutuhkan untuk tubuh. Pasalnya, ibu menyusui, biasanya mudah kelelahan dan capai pasca memberikan ASI, sehingga daun torbangun ini mampu membuat tubuh kembali bugar.
Selain kedua manfaat di atas, daun torbangun juga mengandung farmakoseutika, yaitu senyawa yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas, mencegah bakteri dan membuat puting serta aerola tetap lembap atau tidak kering.

3. Membersihkan rahim pasca melahirkan dan menghentikan pendarahan
Masyarakat Sumatera biasanya gemar mengonsumsi daun torbangun sehabis melahirkan. Biasanya daun torbangun disajikan dengan mercaiknya sebagai sop, disayur bening, atau mencampurkannya dengan santan. Bagi ibu yang tidak suka makan sayur, cara lain untuk mengonsumsi daun torbangun ialah dengan diolah menjadi jus.
Kebiasaan ini mereka terapkan bukan tanpa alasan. Daun torbangun sangat efektif membantu mencegah atau menghentikan pendarahan pada ibu menyusui. Tidak hanya itu, daun torbangun sangat baik untuk mempercepat membersihkan rahim pasca melahirkan.

4. Menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi pada ibu menyusui
Selama menyusui, ibu biasanya akan merasa lapar secara terus menerus dalam waktu cepat. Buruknya, kamu tidak dapat memilah makanan dan melahapnya hingga habis. Kondisi tersebut akhirnya membawa kamu pada penyakit kolesterol dan darah tinggi penyebab jantung pada ibu menyusui.
Daun torbangun mengandung fenol, karvakrol, flavonoid dan glikosida. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi nyeri, membersihkan saluran reproduksi pasca melahirkan, mencegah anemia hingga menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah.

5. Membuat produksi ASI semakin berlimpah dan menyimpan zat besi yang tinggi
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 16 Tahun 2016, daun torbangun sudah teruji secara klinis mampu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung zat besi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Namun, kamu sebaiknya mengonsumsi daun ini 30 hari pasca melahirkan, untuk mencegah pengeringan pada rahim atau komplikasi lainnya.


Untuk memaksimalkan kebutuhan ASI, selain mengonsumsi jus torbangun, ibu juga bisa memilih makanan dan cemilan yang sehat dan bergizi. Tidak lupa untuk menerapkan hidup sehat dan pikiran yang pofitif, sehingga akan memberikan sugesti pada otak untuk memproduksi ASI lebih lancar dan baik.

0812-9082-8403(WA) Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Kalimantan Selatan,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Kalimantan Tengah,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Kalimantan Timur,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Kalimantan Utara,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Kepulauan Bangka Belitung,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Kepulauan Riau,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Lampung,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Maluku,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Maluku Utara,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Bali,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Nusa Tenggara Barat,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Nusa Tenggara Timur,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Papua,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Papua Barat,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Riau,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sulawesi Barat,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sulawesi Selatan,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sulawesi Tengah,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sulawesi Tenggara,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sulawesi Utara,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sumatra Barat,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sumatra Selatan,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Sumatra Utara,Perusahaan Torbangun Asi Booster Daerah Yogyakarta,Toko Torbangun Asi Booster Daerah Aceh,Toko Torbangun Asi Booster Daerah Banten,Toko Torbangun Asi Booster Daerah Bengkulu









Comments